:::: MENU ::::

convenience

  • Suitable for all screen sizes

  • Easy to Customize

  • Customizable fonts.

Thursday, June 13, 2013

  • 10:24 AM
Model Proses


Model proses adalah suatu teknik mengelola dan mendokumentasikan struktur aliran data dalam proses dan desain sistem. Model proses analisis sistem yang digunakan adalah diagram aliran data (data flow diagram) merupakan model proses yang digunakan untuk menggambarkan aliran data melalui sebuah sistem dan tugas yang dilakukan oleh sistem (Ella:2004).
Bentuk Diagram Arus Data ada dua yaitu DFD fisik dan DFD logika. Penekanan DFD fisik pada bagaimana proses-proses dari sistem diterapkan.  DFD logika digunakan untuk menggambarkan sistem yang akan diusulkan.  Penekanannya pada logika dari kebutuhan-kebutuhan sistem, yaitu proses-proses apa secara logika yang dibutuhkan oleh sistem. Komponen dalam DFD adalah :

1.      Kesatuan Luar (External entity).
Kesatuan luar merupakan kesatuan ( entity ) di lingkungan luar sistem yang dapat berupa orang, organisasi atau sistem lainnya yang berada di lingkungan luarnya yang akan memberikan input atau menerima output dari sistem.
2.      Arus Data (Data flow)
Arus data menunjukkan arus dari data yang dapat berupa masukan untuk sistem atau hasil dari proses sistem. Arus data ini mengalir diantara proses, simpanan data dan kesatuan luar.
3.      Proses (Process)
Proses adalah kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil suatu arus data yang masuk ke dalam proses untuk dihasilkan arus data yang akan keluar dari proses.
4.      Simpanan Data (Data Store)
Simpanan data merupakan simpanan dari data yang berupa suatu file atau database di sistem komputer, arsip atau catatan manual, kotak tempat data di meja seseorang, tabel acuan manual serta suatu agenda atau buku (Ella:2004).

NO
NAMA SIMBOL
SIMBOL DFD
1
Kesatuan Luar
2
Arus Data
3
Proses
4
Simpanan Data


Model Data 
Model data adalah teknik untuk mengatur dan mendokumentasikan data sistem. Model aktual sering disebut Entity Relationship Diagram (ERD). Entity Relationship Diagram ( ERD ) adalah suatu model jaringan yang menggunakan susunan data yang disimpan dalam sistem secara abstrak (Ella:2004).
Terdapat beberapa notasi untuk model data yang digunakan:
1.      Entitas
Entitas adalah kelompok orang, tempat obyek kejadian atau konsep tentang apa yang kita perlukan untuk men-capture dan menyimpan data.
2.      Atribut
Atribut adalah sifat atau karakteristik deskriptif suatu entitas. Penentuan atau pemilihan atribut-atribut yang relevan bagi sebuah entitas merupakan hal yang
penting dalam pembentukan model data.
3.      Relasi
Relasi adalah hubungan diantara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda.
4.      Kardinalitas
Kardinalitas relasi menunjukkan jumlah maksimum tupel yang dapat berelasi dengan entitas pada entitas yang lain. Dari sejumlah kemungkinan banyaknya hubungan antar entitas tersebut, kardinalitas relasi merujuk kepada hubungan maksimum yang terjadi dari entitas yang satu ke entitas yang lain dan begitu juga sebaliknya. Terdapat tiga macam kardinalitas relasi yaitu :
a.       One to one
Tingkat hubungan satu ke satu, dinyatakan dengan satu kejadian pada entitas pertama, hanya mempunyai satu hubungan dengan satu kejadian satu kejadian pada entitas yang kedua dan sebaliknya.
b.      One to many atau many to one
Tingkat hubungan satu ke banyak adalah sama dengan banyak ke satu. Tergantung dari arah mana hubungan tersebut dilihat. Untuk satu kejadian pada entitas yang pertama dapat mempunyai banyak hubungan dengan kejadian pada entitas yang kedua. Sebaliknya satu kejadian pada entitas yang kedua hanya dapat mempunyai satu hubungan dengan satu kejadian pada entitas yang pertama.
c.       Many to many
Tingkat hubungan banyak ke banyak terjadi jika tiap kejadian pada sebuah entitas akan mempunyai banyak hubungan dengan kejadian pada entitas lainnya. Baik dilihat dari sisi entitas yang pertama, maupun dilihat dari sisi yang kedua (Ella:2004).


NO
SIMBOL
GAMBAR
KETERANGAN
1
Persegi Panjang
Himpunan entitas
2
Elips
Atribut
3
Belah ketupat
Relasi antar entitas
4
Garis
Menghubungkan atribut kehimpunan entitas atau
himpunan entitas ke relasi


A call-to-action text Contact us