:::: MENU ::::

convenience

  • Suitable for all screen sizes

  • Easy to Customize

  • Customizable fonts.

Thursday, June 13, 2013

  • 10:11 AM
MySQL


MySQL merupakan software sistem manajemen database, database Management System (DBMS) yang sangat populer  dikalangan pemrogaman web terutama dilingkungan Linux dengan script PHP dan perl. Software database ini kini telah tersedia juga dalam platform sistem operasi Windows. MySQL merupakan database yang paling populer digunakan untuk membangun aplikasi web yang menggunakan database sebagai sumber  dan pengelola datanya.
MySQL merupakan software yang tergolong sebagai DBMS (Database Management System) yang bersifat open source. Open Source menyatakan bahwa software ini dilengkapi dengan source code (kode yang dipakai untuk membuat MySQL), selain tentu saja bentuk executable-nya atau kode yang dapat dijalankan secara langsung  dalam sistem operasi, dan bisa diperoleh dengan cara men-download (mengunduh) di Internet secara grati (Anhar:2010).
MySQL (My Structure Query Language) adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (database management system) atau DBMS dari sekian banyak DBMS, seperti Oracle, MS SQL, Postagre SQL, dan lain-lain. MYSQL merupakan DBMS yang multithread, multi-user yang bersifat gratis dibawah lisensi GNU (GNU’s Not Unix).
Kelebihan MySQL:
1.      MySQL dapat berjalan dengan stabil pada berbagai sistem operasi seperti windows, linux, freebsd, Mac OS X Server, solaris, dan masih banyak lagi.
2.      Bersifat open source, MySQL didstribusikan secara open source (gratis) dibawah lisensi GNU.
3.      Bersifat multiuser, MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah.
4.      MySQL memiliki kecepatan yang baik dalam menangani query (perintah sql) dengan kata lain, dapat memproses lebih banyak sql persatuan waktu.
5.        Dari segi security atau keamanan data, MySQL memiliki beberapa lapisan security, sperti level subnet mask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail, serta password yang terenkripsi (Anhar:2010).
A call-to-action text Contact us