:::: MENU ::::

convenience

  • Suitable for all screen sizes

  • Easy to Customize

  • Customizable fonts.

Saturday, June 29, 2013

  • 8:30 PM
Cara Import Database di Linux


Cara import database di linux sama aja seperti import database di windows, cara import database bisa menggunakan phpmyadmin ataupun langsung copy folder databasenya ke database yang lain. Kalau cara copy folder dilakukan apabila kita ingin migrasi dari satu OS ke OS lain, contoh misal ingin migrasi dari windows ataupun linux ataupun OS yang sejenis juga bisa. Cara import database di linux dan di windows dengan cara copy folder database dilakukan apabila data didalam database sudah terlalu banyak dan memiliki file yang besar, jadi apabila kita import melalui phpmyadmin biasanya akan terjadi error, karena phpmyadmin membatasi besar file yang ingin di import. Jadi solusinya adalah dengan cara copy folder databasenya. Caranya gimana ????? oke kita jelaskan satu-satu.....

  1. Cara import database di windows
  • Apabila file yang ingin di import ke database kecil, bisa melakukanya lewat phpmyadmin, caranya:
- masuk ke phpmyadmin dan buat database baru (create database) sesuaikan nama database dengan file database yang ingin di import, lalu pilih create. setelah selesai pilih tab import dan cari file databasenya dan klik Go. maka database akan ter-import secara otomatis.
  • Apabila file databasenya besar, maka cara gampangnya adalah copy folder databasenya, kalau yang menggunakan XAMPP folder database bisa ditemukan di folder Xampp - Mysql - Data . dan cari folder dengan nama database yang ada, kemudian copy. Lalu untuk memindahkannya tinggal paste ditempat yang sama. 
    2.  Cara import database di linux.
Nah di linux agak sedikit rumit karena dilinux menggunakan permission jadi gak sembarang user bisa menggunakan hak akses, hanya super root yang bisa. jadi kalau untuk di linux saya saranin pakai cara yang copy folder, caranya copy folder databasenya kemudian paste di var/lib/mysql . Kemudian buka terminal dan masuk sebagai root, lalu masuk ke folder var/lib/mysql dengan cara ketikan #cd /var/lib/mysql (tulis tanpa tanda #) kemudian ketikan #ls -l  kemudian ketikan  #chown mysql:mysql namadatabase/ -R . 
nah sekarang selesai, gimana sob ??? kalau ada yang kurang paham silahkan di komentar aja. 
A call-to-action text Contact us